Mengapa Iklan Di Televisi Sangat Menarik

Mengapa Iklan Di Televisi Sangat Menarik
Mengapa Iklan Di Televisi Sangat Menarik


Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Iklan televisi sebagai salah satu iklan elektronik ditampilkan melalui kombinasi media audio dan media visual. Pada saat ini, banyak perusahaan televisi swasta yang menyajikan berbagai tanyangan baik itu tanyangan yang mengandung hiburan atau pendidikan. Di selang acara televisi swasta yang padat tersebut terkadang kita melihat beberapa tayangan iklan.


Salah satu cara mempromosikan atau memperkenalkan produk dimana target pasar yang ingin dicapai adalah konsumen akhir adalah dengan menggunakan iklan televisi. Memperkenalkan dan mempromosikan produk melalui iklan televisi bisa memberikan informasi dan mengajak secara langsung calon pelanggan untuk membeli produk.


Mudahnya beriklan melalui televisi karena sebagian besar masyarakat di Indonesia telah memilikinya sehingga penyampaian pesan akan menjadi luas dan komunikasi pemasaran akan semakin efektif.

Baca Juga Artikel Menarik Tentang Harga Dan Spesifikasi TV Mini Portable


Jenis Iklan Televisi

 1. Pensponsoran

Sponsor akan membiayai seluruh biaya produksi sebuah acara televisi yang penayangannya dan pembuatannya disponsori oleh pengiklan. Jenis iklan di televisi ini membutuhkan biaya yang sangat besar karena pengiklan akan membuat acara yang berdurasi panjang. Hal ini membuat banyak acara televisi yang melakukan kerjasama dengan sponsor untuk menghasilkan suatu acara.


2. Partisipasi

Bentuk iklan ini sedikit berbeda dengan bentuk-bentuk iklan lainnya namun dapat mengurangi biaya dan risiko. Iklan partisipasi ini biasanya berdurasi 15, 30 hingga 60 detik yang disisipkan diantara satu atau beberapa acara.


3. Spot Announcements

Jenis iklan di televisi selanjutnya adalah Spot Announcements dimana iklan ini ditempatkan pada pergantian acara. Jenis iklan ini biasanya berdurasi 10, 20, 30, atau 60 detik dan biasanya digunakanoleh pengiklan lokal atau nasional.


3. Iklan layanan masyarakat (Public Service Announcements)

Iklan layanan masyarakat (Public Service Announcements) ini biasanya ditempatkan di sela sebuah acara. Bentuk iklan ini biasanya disiarkan atas permintaan pemerintah atau organisasi untuk mengalang solidaritas masyarakat luas atau menginformasikan hal penting.


Jenis iklan televisi sangat tergantung pada sasarannya yang dapat berupa bagian dari sindikat, jaringan atau bentuk lainnya. Menurut Rhenald Kasali, bentuk iklan televisi dapat terbagi menjadi :


Kelebihan Iklan Televisi

Menurut Morissan (2010: 240-243), Iklan di televisi memiliki kelebihan dibandingkan media iklan lainnya.

Berikut beberapa kelebihan beriklan di televisi :


1. Memiliki Jangkauan yang luas

dalam memperkenalkan produk atau mempromosikan produk barunya maka pemasar dapat secara serentak dapat menjagkau wilayah yang luas bahkan keseluruh wilayah yang memiliki jangkauan siaran televisi.


2. Selektivitas dan fleksibilitas

Pada saat ini, banyak orang yang menganggap media televisi sulit untuk menjangkau target pasar tertentu. Namun pada kenyataannya segmentasi pasar ini dapat dilakukan melalui isi program, waktu siaran atau jangkauan geografis siaran televisi. Dengan program siaran televisi yang menarik perhatian target audiens tertentu akan menjadi target promosi produk efektif.


3. Fokus perhatian

Ketika sebuah iklan ditayangkan maka siaran TV akan selalu menjadi perhatian para audiens. Pada saat iklan muncul dilayar TV maka perhatian audiens akan tertuju pada tayangan iklan yang sedang disiarkan.


4. Kreativitas

Kekuatan personalitas manusia dapat digunakan pada iklan televisi untuk mempromosikan produknya. Iklan televisi tersebut dapat membujuk audiens melalui bahasa tubuh seseorang yang ditujukkannya untuk membeli produk yang di iklankan. Terkadang beberapa tayangan iklan ditelevisi hanya menunjukkan aspek hiburan tanpa menunjukkan aspek komersial secara mencolok.


5. Waktu tertentu

Pada saat calon konsumen potensial sedang menonton televisi diwaktu-waktu tertenty maka produk dapat ditayangkan ditelevisi. Dengan demikian, iklan dapat ditayangkan pada waktu tertentu sesuai dengan waktu target calon pelanggan menonton TV.


Kelemahan iklan televisi

Menurut Rhenal Kasali (2007: 122), terdapat kelemahan iklan ditelevisi diantaranya adalah :


1. Membutuhkan biaya yang sangat besar.

Kelemahan beriklan ditelevisi paling utama adalah membutuhkan biaya yang sangat besar untuk memproduksi dan menyiarkan iklan komersial ditelevisi.

Walau iklan ditelevisi dapat menjangkau target audiens dengan mudah namun biaya yang dibutuhkan membuat pengiklakn mengurungkan niat mereka.

Biaya produksi ini termasuk biaya pembuatan iklan dan honor artis yang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Belum lagi biaya iklan ditelevisi yang besar dan harus dilakukan secara berulang-ulang.


2. Target audiens tidak tertarget dengan baik

Walaupun saat ini banyak media teknologi yang dapat menjangkau target sasaran yang selektif namun TV merupakan media iklan yang tidak selektif.

Segmentasi audiens pada televisi tidak seakurat pada media surat kabar dan majalah. Hal ini dapat menyebabkan segmentasi pada iklan yang di siarkan ditelevisi menjangkau target pasar yang tidak tepat.


3. Kesulitan teknis

Media iklan ditelevisi memiliki aturan teknis yang rumit dan tidak luwes karena iklan yang akan ditayangkan tidak mudah untuk merubah jadwalnya terutama ketika menjelang jam tayang iklan.

Karena iklan televisi mempunyai kualitas yang bagus, tema yang menarik, dan kreativitas.

contohnya iklan Ramayana. Kerja lembur bagai kuda

karena jika lewat televisi kita dapat menampilkan gerakan , berbicara , dan iklan itu tidak hanya berupa tulisan  jika dimedia cetak iklannya hanya berupa tulisan


Post a Comment

Menu Navigasi

link